Info LKP.Berkat Karya

Profil Lembaga

Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP. BERKAT KARYA) Telah berdiri sejak 10 Oktober 2010 di Tenggarong. Melayani Kursus Mengemudi, Aplikasi Komputer  meliputi program Ms. Office, Teknisi Komputer , Teknik Listrik dan akan segera membuka Program baru yaitu Mekanik Alat Berat.

Sudah 8 tahun LKP Berkat Karya berdiri dan telah meluluskan 2.059 ribu siswa yang belajar disana.

LKP.Berkat Karya bertujuan untuk memberikan Pelatihan guna Meningkatkan SDM dan dapat mengurangi pengangguran dengan terciptanya SDM yang terampil sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan Masyarakat dan membuka peluang kerja.

Visi      :     Menjadi mitra terdepan dan terbaik secara profesional dan maksimal bagi masyarakat Kalimantan Timur.

Misi     :     Bekerjasama antara sekolah-sekolah maupun Instansi dan Perusahaan serta lapisan masyarakat

Lembaga Kursus ini dipimpin oleh Bapak H.Sumadi Arief,Amd dan mempunyai 7 orang Instruktur dibidangnya. Dan mempunyai alamat di Jl. Gunung Pegat Kel. Melayu Tenggarong Kutai Kartanegara.

LKP. BERKAT KARYA pernah melaksanakan kegiatan Kursus Pelatihan Kecakapan Hidup (PKH-LKP) dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur. Para peserta yang mendaftar diseleksi dan tujukan untuk masyarakat (umur 18-35 tahun/produktif) yang putus sekolah, kurang mampu, dan pengangguran. Mereka mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pelatihan peningkatan SDM.

Tujuan kegiatan Pelatihan ini untuk memberikan bekal ilmu dan meningkatkan SDM peserta pelatihan agar ilmu yang didapat dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk mereka dan masyarakat. Diharapkan peserta dapat membuka peluang pekerjaan sendiri maupun dapat bersaing karena telah mempunyai bekal yang cukup.

Harapan kami pemerintah daerah dan perusahaan untuk lebih memperhatikan pendidikan non formal (Lembaga Kursus), pendidikan non formal sangat penting perannya terhadap masyarakat, karena mempunyai sasaran yang luas. Artinya pendidikan formal pun masih memerlukan pendidikan non formal (pelatihan/kursus) dalam peningkatan kualitas SDM nya.

Untuk itu pemerintah daerah khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten untuk dapat memberikan perhatiannya dengan kegiatan dan program-program yang menunjang demi kemajuan pendidikan non formal.

Di Kutai kartanegara dari 13 Kecamatan terdapat ± 320 LKP dan baru 42 yg telah terdaftar di Diknas Kukar. LKP khususnya PNF siap menjadi mitra dari pihak manapun dalam rangka peningkatan ketrampilan khususnya kecakapan hidup.

Problem Kukar saat ini adalah :

  1. Pengangguran
  2. Kemiskinan
  3. Ketidakberdayaan menangkap peluang kerja dan peluang usaha karena minim ketrampilan
  4. ketidakberdayaan menunggu janji-janji dari para pengambil kebijakan, sehingga dg hanya menunggu hingga muncul mimpi indah disiang bolong

Dengan demikian pendidikan ketrampilan hidup sangat ditunggu dan diharapkan oleh masyarakat. Oleh karena itu dukungan dari pemerintah daerah maupun perusahaan – perusahaan sangat diperlukan.

LKP siap menjadi mitra untuk berpartisipasi meningkatkan kualitas SDM dan meningkatkan keterampilan masyarakat.